MEMBUAT KOTAK PERSEMBAHAN DARI BOX SEPATU











Kreatifitas kali ini, kita akan membuat kotak persembahan
Bahan :
  • Kotak bekas sepatu ukuran 10X10X28 cm, buang bagian tutupnya, untuk badan gereja

  • Karton tebal untuk penampang gereja, bagiaan depan dan belakang

  • Karton tebal ukuran 24X30 cm, untuk atap

  • 2 warna kertas asturo tebal, untuk melapiss atap dan dinding gereja

  • beberapa kertas warna untuk menempel jendeela, salib, pintu

  • Karton duplex untuk pintu

  • beberapa gambar anak anak, bisa di ambil dari majalah/koran


Cara membuat:

  • Pasang penampang gereja di badan gereja, lapis dengan kertas asturo seluruh badan gereja

  • Lapiskan kertas Asturo pada atap gereja, beri lubang untuk memasukkan uang, di sisi kanan dan kiri atap

  • Pasang Atap ke badan gereja

  • Tempel Jendela, salib dan pintu

  • Tambahkan hiasan hiasan lain, sesuai kreasi anda, misalkan, rumput dan bunga mengelilingi dinding gereja bagian bawah


MEMBUAT TABUNG PERSEMBAHAN SENDIRI




Tabung persembahan Untuk kelas Batita dan Balita:

  • Jumlah kehadiran murid di kelas saya, antara 25-35 orang anak

  • Sarana yang dipakai adalah 1 kantong persembahan (model konvensional, dengan 2 pegangan kanan kiri)

  • Acara persembahan, merupakan salah satu acara favorit di kelas, dan tiap anak berusaha terlibat memberi atau bahkan mengumpulkan persembahan

  • Karena hanya 1 kantong saja, anak anak berebut ingin membantu mengumpulkan persembahan, sampai satu kantong itu di pegang oleh 4 anak, yaitu 2 di kanan, 2 di kiri

  • Karena hanya 1 kantong, acara persembahan bisa terlalu lama dan membosankan bagi anak yang tidak kebagian pegang kantong

  • Jika membeli kantong lagi, paling tidak 2 buah kantong, dan harga relatif mahal (tempo hari 100 ribuan - maklum anggaran SM terbatas), dan modelnya ya...begitu begitu saja

  • Muncul ide membuat wadah persembahan murah dan menarik, tidak harus berupa kantong, dalam jumlah banyak

  • Wadah Persembahan:
  • Di buat dari tabung bekas tempat potato chips (mister potato atau pringles) atau bisa juga gunakan tempat lain, yang "mulutnya" tidak terlalu besar

  • Wadah ini di balut dengan kertas asturo sebagai warna dasar. buat beberapa wadah dengan berbagai warna dasar

  • Hiasi dengan pola hias misalkan bunga, burung, pemandangan di Golgota (bukit dan salib), siluet anak berdoa dan lain sebagainya


Sharing Penggunaan:

  • Anak senang dengan wadah baru ini, dan lebih banyak anak bisa menjadi petugas pengumpul persembahan

  • Anak yang akan memberi persembahan, bisa memilih, memasukan uang nya di wadah yang merah...biru...hijau...atau mana saja pilihannya

  • Acara ini dapat dipakai mengenalkan warna pada anak-anak

  • Ada anak yang sangat pemalu dan pendiam, selama ini tidak pernah mau terlibat kegiatan apapun di kelas (menyanyi ke depan, memperagakan cerita, ikut gerakan saat menyanyi dsb). Saya coba "rayu" dia menjadi petugas pengumpul persembahan ini. Ia memang Cuma berdiri di tempatnya sambil pegang wadah, teman2nya yang datang padanya memberi persembahan. Dia juga tetap tidak mau maju kedepan ketika akan doa persembahan. :-( Minggu berikutnya, mamanya memberitahu saya, hari itu anaknya ngotot minta pakai baju merah lagi, katanya di suruh oleh kak... :-) ah....kesempatan memotivasinya lebih banyak ikut dalam kegiatan di kelas

The Bible Episode 3 Subtitle Indonesia


Nonton Miniseri The Bible, Film Alkitab Episode 3 Subtitle Indonesia.
Selamat Menyaksikan... Semoga menjadi berkat. kalau mau file HDnya silahkan like, subscribe, comment, dan tuliskan alamat emailmu di comment

The Bible Episode 2 Subtitle Indonesia


Nonton Miniseri The Bible, Film Alkitab Episode 2 Subtitle Indonesia.

Selamat Menyaksikan... Semoga menjadi berkat. kalau mau file HDnya silahkan like, subscribe, comment, dan tuliskan alamat emailmu di comment

The Bible Episode 1 Subtitle Indonesia


Nonton Miniseri The Bible, Film Alkitab Episode 1 Subtitle Indonesia.
Selamat Menyaksikan... Semoga menjadi berkat. kalau mau file HDnya silahkan like, subscribe, comment, dan tuliskan alamat emailmu di comment

gospel magic : kristal pembersih dosa diputihkan

SEKEDAR BERBAGI SERI 3


Materi ini untuk membantu guru-guru sekolah minggu atau guru guru agama Kristen, bisa dikombinasikan dengan kurikulum yang dimiliki gereja masing-masing, bisa dijadikan alat peraga untuk projector atau di print, lebih ekonomis. berisi 40 powerpoint cerita bergambar untuk setahun mulai dari SALOMO sampai kisah NABI NABI dan CERITA PENGINJILAN, dengan naskah cerita dan aplikasi kehidupan di akhir cerita... ditambah 12 Naskah ide acara kreatif sekolah minggu supaya nggak monoton, seperti PESTA DONAT bajak laut, dll...berikut bonus e-book ORIGAMI lebih dari 1500 halaman, ebook mewarnai PL dan PB, BAHAN PASKAH berupa cerita dan video pendek...
minat? hubungi sms/wa 0817-690-7033

SEKEDAR BERBAGI SERI 2


Materi ini untuk membantu guru-guru sekolah minggu atau guru guru agama Kristen, bisa dikombinasikan dengan kurikulum yang dimiliki gereja masing-masing, bisa dijadikan alat peraga untuk projector atau di print, lebih ekonomis. berisi 40 powerpoint cerita bergambar untuk setahun mulai dari SALOMO sampai kisah NABI NABI dan CERITA PENGINJILAN, dengan naskah cerita dan aplikasi kehidupan di akhir cerita... ditambah 12 Naskah ide acara kreatif sekolah minggu supaya nggak monoton, seperti PESTA DONAT bajak laut, dll...berikut bonus e-book ORIGAMI lebih dari 1500 halaman, ebook mewarnai PL dan PB, BAHAN PASKAH berupa cerita dan video pendek...
minat? hubungi sms/wa 0817-690-7033

SEKEDAR BERBAGI SERI 1


Materi ini untuk membantu guru-guru sekolah minggu atau guru guru agama Kristen, bisa dikombinasikan dengan kurikulum yang dimiliki gereja masing-masing, bisa dijadikan alat peraga untuk projector atau di print, lebih ekonomis. berisi 52 powerpoint cerita bergambar untuk setahun mulai dari PENCIPTAAN DUNIA sampai cerita ABSALOM, dengan naskah cerita dan aplikasi kehidupan di akhir cerita... berikut bonus film animasi pendek yang bisa dipakai untuk alat peraga cerita, bahan Natal dll...
minat? hubungi sms/wa 0817-690-7033

SEKOLAH MINGGU SPECIAL: WHO STEAL THE MOON


Ayo bikin acara seru lagi... SEKOLAH MINGGU SPECIAL... 
Kali ini dengan nuansa luar angkasa...
penyambut anak memakai baju astronot, bikin pakai helm dibungkus kertas perak, kaos dan celana putih diplesterin pakai lakban hitam, biru, merah atau perak...
Naskah cerita dramanya ada di bawah ini....
WHO STEAL THE MOON
PEMAIN:
1. Gru
2. Agnes
3. Margo
4. Vector
5. Prof
PROPERTY:
1. Kostum pemain: Gru, agnes, margo, prof, victor
2. senjata (watergun besar)
3. Kipas kain (kipas sulap yang bisa berantakan)
4. Kipas angin
5. mainan mini: eifel, monas, tentara-tentaraan, singa, borobudur, prambanan
6. Buku foto: Borobudur, piramida, patung liberty, menara petronas
7. bulan dari sterofoam atau bola
8. Kamera
10. kue ulang tahun boongan
11. Kertas isi pesan dari vector "SERAHKAN BULANNYA ATAU KAMU AKAN MELIHAT ANAK-ANAK BEKU SELAMANYA!"
12. Karung atau kain untuk menculik anak-anak
13.
GARIS BESAR CERITA
1. Gru memperkenalkan diri penjahat paling ditakuti dengan segala peralatan canggih: Lihat, ini adalah senjata kipas badai. Lihat ya, saya coba... kipas kainnya dikipasin (bersamaan kipas listrik dinyalakan maximal) butiran sterofoam atau kapas atau kertas beterbangan...)
Keren kan.. nah yang ini namanya senapan pengecil benda (keluarkan water gun yang besar)... ini pernah saya pakai untuk menembak tentara yang mau menangkap saya...lihat hasilnya (tunjukin mainan tentara kecil). pernah juga saya pakai untuk mengecilkan menara eifel yang di Paris (tunjukin menara eifel mini). kemarin saya ke jakarta saya tembak monas jadi kecil begini (tunjukin miniatur monas). Ini adalah senjata andalan saya, dan kalian tau...senjata ini akan saya pakai untuk membuat rekor besar dalam dunia pencuri... saya akan mencuri bulan... saya akan kecilkan bulan hahahaha...Heh, jangan berisik, aku tembak kalian bisa jadi kecil nanti....Aku akan mencuri bulan, supaya mamaku bangga kepadaku..supaya orang-orang tau aku adalah GRU YANG HEBAT...
2.(Gru pergi, Vector datang. Keluar dari balik pohon)... hehehehe... aku mendengar semuanya... aku tahu sekarang rahasianya...aku tahu senjata andalannya hehehehe... eh, sorry, kenalin, aku Vector... aku adalah saingannya Gru. Tapi, aku lebih banyak mencuri dibanding Gru. Lihat ini... aku sudah berhasil mencuri candi borobudur, piramida di mesir, patung liberty di Amerika...dan masih banyak lagi aku jadikan buku nih... biar nggak berat bawanya... ha ha ha... kalian tau, aku punya senjata pembeku dan pembuat benda jadi gambar saja hahahaha... mau tahu senjataku? ini dia... tadaaaa.... KAMERAA.... hahahaha...
3. Lampu dimatikan, gelap, Putar video Gru pidato depan minion mau mencuri bulan...
4. Gru muncul dalam kegelapan sambil membawa senapan pengecil...hahahaha waktunya beraksi, tidak ada yang bisa mengalahkanku... (lampu dinyalakan, vector sudah disitu)
5. vector tertawa...hahahaha...siapa bilang kamu yang akan mengambil bulan duluan, akulah yang akan mengambil duluan, aku akan menjadi pencuri nomor satu di dunia...karena aku punya senjata yang lebih hebat dari kamu hahahaha.... KAMERAA... hahahaha... vector kaburrr.... meninggalkan Gru yang terbengong dan kesal....
6. Gru sedang berpikir keras bagaimana caranya merebut senjatanya vector... tiba-tiba datang 2 anak (musik baby shark diputar) agnes dan margo menarik tangan Gru dan ajak anak-anak flashmob baby shark (musik diputar dari awal dan ikuti gerakan video di tayangan ya...) Gru kelihatan bete... nggak suka, karena memang dia nggak suka anak-anak...
7. Habis flashmob Baby Shark Gru mau kabur...dihadang sama Agnes, Om mau kemana... Om, harus bantu kami... kami yatim piatu...besok kami akan di..(agnes dan margo nangis sedihh...). Gru jadi panik... aduh aduhhh udah udahh... jangan nangis...nanti dikirain orang aku pukulin kalian...sudah sudah yaaa... oke oke...om mau nolongin kalian...Tiba-tiba agnes dan margo bersorak kegirangan... Horeee... asyikk.. jadi beneran Om mau nolongin kami... ?? Gru tertawa : siapa yang bilang hahahaha aku kan cuma bohong supaya kalian diam hahahaha... Aku kan gru si penjahat... kalian percaya saja hahahaha... Agnes dan Margo nangis lagii.... Huuu... memang nggak ada yang peduli sama kita... besok kita bakal dijual, dijadikan budak.. disuruh angkat-angkat berat, disuruh mecahin batu, disuruh jadi pemulung.. huuuu ... ayolah Om tolongin kami... jadilah ayah asuh kami... kami akan melakukan apa saja asal om mau jadi ayah asuh kami...
8. Tiba-tiba Gru tersenyum jahat....hehehehe...(ngomong sama diri sendiri) aku ada ide... Lalu memanggil anak-anak... Anak-anak, okelah...Om akan bantu kalian, om bersedia menjadi ayah asuh kalian... tapi kalian harus melakukan sebuah misi...apa kalian mau? Agnes dan Margo bilang, siapa takut... Gru dan anak-anak berjabat tangan tanda deal...
9. Profesorrrrr....! Gru memanggil profesor... Gru mengenalkan anak-anak pada profesor. Kita akan mengutus Agnes dan Margo ke rumah vector dan mengambil senjata andalannya... tapi rumahnya banyak jebakan, banyak senjata... Profesor punya senjata nggak buat mengalahkan vector? Profesor mengeluarkan sebuah senjata...Tadaaa... Ini dia senjata untuk mengalahkan vector...(prof mengeluarkan kue ulang tahun) Gru dan anak-anak kaget... Hahhh kue ulang tahun??? Kirain senjata yang keren, ini kue ulang tahun, mana bisa mengalahkan vector...
10. Profesor menjelaskan... besok vector ulang tahun, vector nggak punya orang tua, nggak ada yang merayakan ulang tahun... orang sejahat apapun akan bisa dikalahkan dengan kebaikan...dia akan merasa lengah... lalu sesudah ia makan kue ulang tahun ini, dia akan tertidur... dan anak-anak bisa ambil senjatanya .... gimana, ide profesor keren kann...(tapi profesor nggak tau kalau gru punya rencana mau mencuri bulan)
11. Gru senang sekali. memuji2 prof memang hebat... punya sejuta ide di kepalanya... Gru lalu menyuruh anak-anak menjalankan misi... Anak-anak bersiap ke rumah vector dengan membawa kue ulang tahun (musik ulang tahun disiapkan) Vector sedang main tab...Anak-anak mengetuk pintu rumah vector... Vector membuka pintu... Happy birthday kata anak-anak... Wow, vector terharu... lalu berterimakasih pada anak-anak... Margo mempersilahkan vector makan kuenya...nggak lama vector tertidur
12. Margo dan Agnes segera masuk ke rumah dan mengambil KAMERA.... Ini dia senjata andalan vector... hahahaha... KAMERAAA....hahaha mereka lalu mendatangi Gru dan memberikan kamera itu. tapi mereka nggak tau kalo ternyata senjata itu untuk mengambil bulan...
13. Gru mengambil bulan... menjadikannya kecil...lalu di foto, jadi gambar bulan aja... tiba-tiba ruangan jadi gelap...
14. Profesor jalan nabrak tiang... aduhhh... gelap sekali, siapa yang sudah mengambil bulan... bumi jadi gelap ini... margo dan agnes jalan nabrak profesor... aduhhh anak-anak maaf prof gak bisa lihat ini.. siapa yang sudah mencuri bulan di langit..."Gru" kata anak-anak. "Waduhh gawat...dia tambah jahat aja, kalau bulan diambil bisa gawat...bumi jadi gelap di waktu malam, air laut jadi surut... waduhhh... gimana ini... (prof mondar mandir bingung...) pas dia lagi bingung... tiba-tiba vector datang langsung menculik anak-anak, dikarungin hehehe, dibawa pergi... setelah meninggalkan pesan di baju prof, Gru harus menyerahkan bulannya atau anak anak akan dibekukan selama-lamanya...
15. Gru menemui prof sambil membawa bulan yang sudah jadi gambar (foto) tapi prof memarahi gru. Apa yang gru lakukan itu salah. Itu bisa merugikan semua penduduk bumi... dan tau nggak sekarang anak-anak diculik vector...
16. Gru tidak kasih pada anak-anak...dia malah bilang hahaha biarkan saja, vector mau ngapain kek kepada anak-anak, Gru nggak peduli, sekarang gru menjadi penjahat nomor satu di dunia... pencuri nomor satu di dunia....
17. Profesor marah...karena Gru semakin jahat dan nggak peduli pada anak-anak. Sebelum pergi prof mengucapkan ini pada Gru "Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat." 1 Petrus 3:12. Prof berniat menyelamatkan anak-anak sendiri. Diapun pergi ke rumah Vector... ternyata di sana anak-anak sedang minum dan makan dan main tab bersama vector sambil tertawa-tawa... "Lho kok bisa? bukankah vector itu jahat???"
18. Margo menjelaskan: Vector sebenarnya tidak jahat, dia juga tidak pernah mencuri, dia selalu mengembalikan apa yang pernah dia ambil, dia hanya ingin memilikinya sehari saja lalu mengembalikannya...Dan sekarang vector sedang berencana mengambil bulan dari gru dan mengembalikannya di langit...Prof setuju, dia sekarang akan membantu vector... Maka 4 orang punya visi baru, "mengembalikan bulan"...
19. Prof membuat senjata baru itu adalah pistol pembalik keadaan... yg tadinya kecil bisa jadi besar, yang tadinya udah jadi gambar bisa berubah ke bentuk semula... Merekapun segera mennantang gru. Vector membawa senjata dari prof, anak-anak dan prof bawa tameng buat jaga-jaga...
20. Gru dan Vector berhadapan.. Gru mengeluarkan senjata pengecil, taper ternyata macet... rupanya batrenya habis hehehe... dia keluarkan kipas, tapi ternyata kipasnya rusak berantakan.... saat gru panik, prof melemparkan karung mengurung tubuh gru dan vector mengambil gambar bulan lalu menembaknya menjadi bentuk semula, bulat... vector pun mengembalikan bulan di tempatnya.... Gru ditangkap dan diborgol...
21. Prof memberi kesimpulan: Itulah akhir kisah orang yang selalu berbuat jahat dan nggak pernah peduli pada orang lain termasuk anak-anak... "Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat." 1 Petrus 3:12.