Home » » AKTIFITAS ABSENSI

AKTIFITAS ABSENSI

Absensi di sekolah minggu, dilakukan dengan tujuan:
1. Dapat memantau kehadiran anak anak di kelas
2. Lebih cepat mengenal anak dengan absensi (memanggil nama tiap minggu)
3. Mengukur kerajinan (kehadiran) anak di kelas
4. Aktivitas rutin yang menyenangkan (bagi anak batita dan balita)
Cara-cara absensi yang dilakukan sesuai dengan kelompok umur anak anak, antara lain:

Cara manual, dengan buku Absensi (anak umur 7 tahun ke atas):
Buat buku absen ASM diprint ditulis nama semua ASM satu kelas (pake excel). Buku absennya perkelas. Satu halaman itu bisa untuk 3 bulan (12 minggu ), anak -anak di absen, dipanggil namanya satu persatu .... Buku absen anak ini gampang dianalisa. bisa dilihat, hari ini total hadir brapa anak, truss setiap semester bisa dilihat siapa yg paling rajin, bila ada hadiah boleh juga....

Kalo punya kamera digital, bagus juga di buat absensi dengan menggunakan foto, langsung diprint jadi satu dengan kolom absen, dan data anak. Lalu absen ini dipegang oleh guru, dan diisi oleh guru. (ide dari......) tolong di carikan...siapa ya?

Absensi stiker (anak umur 6-7 tahun)
Setiap hadir, anak di beri sticker yang ditempel di buku anak ( setiap anak pegang buku ).
Ide ini muncul karena sekalian di buku tsb dikasi PR menghapal ayat atau PR untuk aktivitas minggu depannya (mirip Agenda :)) kendalanya, kalo anak lupa bawa buku SM nya .. Belum lagi bukunya hilang.. wah puyeng deh ...hehe ...

Absensi Aktivitas (anak Batita-Balita)
Waktu absensi, merupakan suatu kegiatan favorit anak anak kecil. mereka sangat senang mendengar namanya di panggil, karena mereka diberi tugas memajang absennya di media yang disediakan. Acara ini dapat mengajak anak melakukan kerja sama yang bagus diantara mereka. Misalkan anak setahun yang motoriknya belum terlalu bagus, sehingga kadang tidak bisa menaruh absensinya dengan baik, di bantu oleh anak yang lebih besar. kalau anak yang di panggil tidak mendengar, temannya yang dekat dengan GSM, mengambilkan dan menyerahkan absensi tersebut ke temannya.

Absensi sebaiknya dibikin yang awet dan bagus (dan murah), karena tidak sedikit anak anak yang termotivasi menyimpannya, atau menempelkan di kamarnya. Bahannya, dibuat dari kertas berwarna, trus dilaminating. atau dari busa warna warni (busa karet tipis). Bahan yang digunakan tidak membahayakan anak anak, misalnya dari bahan yang tajam.
Absensi dapat disesuaikan dengan tema satu triwulan atau semester. Bisa aja dalam setahun, ganti absensi 4 kali. Bisa juga diambil salah satu cerita dalam beberapa bulan itu sebagai ide membuat absensi.

BUNGA dan KUPU-KUPU
Teman cerita penciptaan, dapat di buat absensi berbentuk bunga dan kupu kupu, yang diberi stick ice cream, dan di tancap di "lahan" dari styrofoam, lengkap dengan rumput2an. Anak yang sudah menerima absennya, menancapkan pada lahan tsb.


ANAK LAKI DAN PEREMPUAN
Gambar anak laki dan perempuan, dengan media penempelan berupa Papan Flanel/Felt bisa juga papan flanel dengan aplikasi gereja besar. Idealnya, absensi ini menggunakan foto anak anak tersebut. Dibalik gambar anak, dapat di pasangi sepotong velcro atau amplas, agar dapat menempel di papan flanel.


SILUET ANAK BERDOA
Masa Pra-Paskah, dapat digunakan absensi berbentuk siluet anak berdoa, dari kertas berwarna, yang diberi sedotan bekas air minum, media meletakkan absensi, dapat di buat bukit dari Styrofoam, di puncak bukit, di pasang salib.


LILIN
Absensi berbentuk Lilin, bisa dipakai pada masa-masa menjelang natal. Media yang digunakan untuk menancapkan Lilin, yaitu papan styrofoam.


POHON BUAH-BUAHAN
Absensinya berbentuk buah buahan, dengan media dari kain Felt, yang di bikin aplikasi bentuk pohon besar, di tempel dengan jahit tangan, menggunakan tusuk Veston.

Untuk mendapat gradasi warna dari batang pohon......ssstttt.....saya gunakan eye shadow powder. Apa boleh buat...karena nggak bisa menemukan alat pewarna untuk kain Felt yang lain.
Buah di buat dengan kertas berwarna, dan di belakangnya di tempeli Velcro atau amplas agar dapat menempel pada 'pohon'. Label nama anak, juga di tempel di bagian belakang buah.

Ada anak yang berfantasi...dengan meletakkan buahnya di bawah...yang katanya sedang jatuh. Ada yang meletakkan jauh tinggi, silakan di pancing...kenapa? banyak jawaban lucu...polos...yang keluar dari mulut anak anak


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

2 Agustus 2011 08.32

Trimakasih Kak Yudi. Artikel ini sangat bermanfaat, Tuhan Yesus memberkati!

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RAJAWALI KECIL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger