Home » » AKU BANGGA JADI GURU SEKOLAH MINGGU

AKU BANGGA JADI GURU SEKOLAH MINGGU


Berapa banyak dari kita, ketika teman-teman pelayanan bertanya, "Melayani apa di gereja?" lalu dengan bangga menjawab, "Aku melayani Sekolah Minggu." Yang terjadi mungkin justru sebaliknya, ketika orang bertanya kita melayani sebagai apa di gereja lokal kita, kita dengan malu dan dengan suara rendah (hampir tidak kedengaran) menjawab "Saya hanya melayani anak-anak."

Sahabat, saya akan menunjukkan kepada sahabat, bahwa kita harus bangga menjadi Guru Sekolah Minggu. Kita harus bangga, kita melayani anak-anak. Mengapa?

1. KITA SEDANG MELAYANI YESUS SENDIRI
Matius 18: 5 –“Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini, dalam nama-Ku, ia menyambut AKU”

Pelayanan kepada anak-anak ini disejajarkan dengan pelayanan penting ini: Matius 25: 37-40
• memberi makan orang lapar
• memberi tumpangan pada orang asing
• memberi pakaian pada orang telanjang
• melawat orang sakit
• mengunjungi orang di penjara
Mengapa keenam pelayanan ini identik dengan melayani Yesus sendiri? Karena dalam pelayanan ini, kita lebih banyak berkorban ketimbang mendapatkan keuntungan. Tetapi kita harus bangga, setiap kita menyambut anak-anak yang datang, kita sedang menyambut YESUS sendiri.

2. KITA ADALAH PAHLAWAN ALLAH
MAZ 127:4 – “Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.”

Anak-anak adalah anak panahnya, kita adalah pembidiknya, Sang Pahlawan, yang mengarahkan anak-anak pada tujuan yang benar. Membawa mereka mengenal kebenaran Allah dan mengarahkan mereka kepada hidup yang berkemenangan. Kita harus bangga, karena kita disebut Pahlawan-Pahlawan Allah! Yang memberi dampak kepada anak-anak dan keluarganya. Ketika anak-anak dipulihkan, ketika orang tua dipulihkan, ketika keluarga mereka diberkati, bukan pendeta Anda yang dianugerahi mahkota kemuliaan oleh Tuhan, tetapi Andalah yang sedang dinanti-Nya, karena Anda sudah menjadi Gibor (Pahlawan) yang memberi dampak perubahan.

3. DEKAT DENGAN SORGA
Mat 19:14 – “Mereka yg empunya Kerajaan Sorga (bd.Kerajaan Sorga = Mat 12:28)
Mazmur 8:3 – “Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kau letakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu untuk membungkamkan musuh dan pendendam”
Matius 18:10 – “Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-2 kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga”

Ayat-ayat ini menunjukkan bahwa anak-anak punya kuasa dan punya bagian istimewa di hati Tuhan, sampai disediakan malaikat khusus bagi setiap mereka. Pernah nggak kita berpikir, kalau kita melayani 10 anak, maka ada 10 malaikat yang sedang memperhatikan kita juga. Bagaimana perlakuan kita kepada anak-anak itu, maka itu juga yang akan disampaikan kepada Bapa di sorga. Kalau baik, maka laporan yang baik yang sampai ke Bapa, tapi kalau kita tidak sungguh-sungguh, maka itu juga yang akan sampai kepada Bapa. Kira-kira kalau Anda butuh sesuatu dan mendoakannya, lalu karena Anda sungguh-sungguh, ada 10-20 malaikat merekomendasi permohonan Anda, Tuhan dengerin nggak?

Bila demikian, masihkah kita sembrono, main-main dan tidak serius dalam melayani anak-anak?

4. KITA SEDANG MENGEMBAN PERINTAH TUHAN
Ulangan 4:7-9 mendidik anak, cucu
o Ulangan 11:19-21 mendidik anak
o Amsal 22:6 didik anak waktu muda
o Amsal 29:17 didik anakmu
Dan ini tugas yang sangat penting, sebab kalau tidak, Tuhan tidak mungkin perlu menyebut sangsinya buat yang main-main dalam pelayanan ini ! Baca : Matius 18:6 – “Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-2 kecil ini yang percaya kepada-KU, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut”

Melakukan perintah Tuhan dengan serius, maka kita juga akan diperhatikan dan dipedulikan Tuhan, tetapi jika kita mengabaikan perintah-Nya, apa yang akan kita dapatkan?

5. KITA SEDANG MENELADANI YESUS
Markus 10:16 “Lalu Yesus memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka”

Anak yang meneladani Bapaknya, pasti akan dipedulikan oleh bapaknya, sebab bapaknya bangga punya anak yang seperti itu. Kira-kira kalau kita meneladani Yesus, apa yang akan Dia perbuat bagi kita?

6. KITA DILENGKAPI ROH ELIA
Maleakhi 4:5,6 – “Sesungguhnya Aku akan mengutus Elia kepadamu menjelang datangnya hari Tuhan yang besar dan dahsyat itu ..Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah”

Kita membawa tugas penting untuk membuat hati anak-anak berbalik kepada orang tuanya. Untuk memulihkan keluarga-keluarga yang bermasalah. Untuk membebat luka di hati anak-anak karena kehilangan figur orang tua yang baik. Itu adalah tugas Elia. Bila kita melakukannya, kita akan diperlengkapi dengan Roh Elia yang luar biasa. Membawa dampak perubahan menjelang hari kedatangan Tuhan.

Nah, begitu banyaknya alasan yang menguatkan kita dan pandangan Tuhan atas pelayanan kita kepada anak-anak. Dia bangga pada kita. Dia juga konsen pada pelayanan kita. Lalu masihkah kita merasa “malu” menjadi guru sekolah minggu? Ingat, satu anak yang berhasil kita bawa pada Yesus, berribu malaikat di sorga bersukacita dan nama kita akan menjadi buah bibir di sorga. Ayo, kita semangat! Bangga jadi guru sekolah minggu! Bangga diberi kesempatan melayani Dia.

Share this article :

+ komentar + 3 komentar

23 April 2009 21.09

wah... luar biasa sekali... bikin gw tersenyum merasa bangga dan bahagia sekali jadi guru skul minggu...

23 April 2009 21.52

teruslah melayani anak-anak kecil...dan buatlah Tuhan Yesus bangga padamu :)

11 Agustus 2012 21.55

melayani alih waris kerajaan sorga :)

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RAJAWALI KECIL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger