Home » » ALAT PERAGA (BAG-1)

ALAT PERAGA (BAG-1)

Seperti janji saya pada posting sebelumnya, bahwa menyiapkan alat peraga itu tidak harus dengan gambar yang dibeli. Kali ini saya mengajak kakak-kakak sekalian membuat alat peraga dari bahan-bahan di sekitar kita. Ini akan berlanjut terus pada beberapa postingan berikutnya. Kali ini, kita mulai dengan : TANAH

Tanah bisa kita jadikan alat peraga. Semua pasti mudah menemukan bahan ini bukan? Tanah ada di sekitar kita. Jadi nggak perlu uang untuk beli. Hanya butuh modal, mau ber'kotor'kotor' sedikit he he he.....(kalau nggak mau kotor, pakai sarung tangan dan celemek)

1. Tanah liat yang dibentuk orang
Sebagai alat peraga untuk mengajar anak bahwa manusia berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah, sedangkan nafas kembali kepada Allah. (cari ayatnya di Kejadian ya...)

2. Tanah liat dibentuk bejana
Saat dibentuk, bejana rusak, tapi bisa dibentuk lagi, dibentuk lagi....sampai akhirnya menjadi bejana/keramik yang kita inginkan. Seperti kita di tangan Tuhan, kadang saat kita dibentuk, kita rusak, Tuhan bentuk lagi....sampai menjadi seperti yang Dia inginkan. (cari ayatnya di Yeremia ya, buat PR he he he...) Ini juga bisa sekalian dijadikan kreatifitas membuat keramik sesuai dengan kreatifitas anak, setelah itu, dijemur sampai kering, lalu dibakar, baru dicat...jadi deh...

3. Bentuk tanah dalam sebuah nampan/papan yang cukup lebar, menyerupai sebuah goa. Tutup goa dengan batu bulat. Lalu sediakan gambar Yesus, atau boneka Yesus (kecil). Untuk cerita kebangkitan Yesus.

Selanjutnya...kembangkan kreatifitas kakak-kakak, saya sudah membukanya...kakak-kakak tinggal melanjutkan. Oke??

Sampai ketemu di postingan berikutnya...Tungguin ya...GBU All
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

2 September 2009 10.16

good posting mas...!
thaks and met kenal yah!

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RAJAWALI KECIL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger