Home » » ACARA KREATIF: BAJAK LAUT PEMBURU HARTA KARUN

ACARA KREATIF: BAJAK LAUT PEMBURU HARTA KARUN

1.                            Pemain:
-   Pemimpin bajak laut (memakai topi bajak laut, pakai tutup mata sebelah dan tangan berkait sebelah, berkumis dan berjambang, ada goresan/bekas luka di pipi)
-       Anak buah bajak laut (2-3 orang) berdandan bajak laut juga ya
-      1 orang tahanan
Properti:
-        Topi koboi dibentuk segitiga bagian depannya (jadi topi bajak laut) ditempeli gambar tengkorak di bagian depan atas
-    Tangan berkait (dibuat dari kertas dupleks, ditempeli kaitan dari kawat lalu dibungkus dengan kertas perak sehingga menyerupai besi. Nanti ini dipasang di tangan kiri dan diikat dengan perban atau lakban, lalu ditutupi dengan jas/baju lengan panjang bajak laut.
-       Penutup mata (dibuat dari kertas hitam) diberi ikatan sehingga bisa diikatkan sebagai penutup mata sebelah.
-        Kapal (gambar di kain atau print digital) panjang disesuaikan dengan ruangan (2-3 mtr)
-        Golok dari kertas dibungkus kertas perak
-        Alkitab
Garis besar adegan:
-       Saat anak-anak selesai doa pembukaan dan menyanyikan satu lagu, datang bajak laut dan seorang anak buahnya marah-marah “ada apa nih ribut-ribut” terjadi interaksi dengan pemimpin pujian. “Kami sedang memuji Tuhan” Bajak laut marah. “Memuji Tuhan kok nggak sungguh-sungguh, memuji Tuhan kok main-main.” (pokoknya intinya bajak laut nggak puas dengan anak-anak yang memujinya malas, nggak sungguh-sungguh, pemimpin pujian membela anak-anak). Bajak laut ini gunanya untuk membuat anak-anak lebih semangat lagi saat memuji Tuhan. Sesekali boleh ia mengeluarkan goloknya dan sedikit mengancam, yang tidak sungguh-sungguh, yang masih main-main, suruh maju ke depan. Pemimpin pujian mengajak anak memuji Tuhan lebih sungguh-sungguh. Nyanyikan 2-3 lagu. Kalau ada anak yang mau persembahkan lagu juga boleh.
-          Pemimpin pujian bertanya, kenapa sih bajak laut bisa nyasar di sini? Bajak laut menjawab sedang mencari harta karun, menurut peta, harta karunnya ada di sekitar sini.
-   Tiba-tiba datang dua orang anak buah bajak laut membawa satu orang tahanan yang diikat tangannya.
-     Bajak laut bertanya siapa dia? Anak buahnya menjawab, katanya orang ini bisa menunjukkan harta karun yang lebih berharga dari harta karun yang sedang kita cari. Ini buku petunjuknya, lalu ia menyerahkan buku petunjuk itu (Alkitab) kepada bajak laut. Kepala bajak laut membuka Alkitab itu dan kebingungan, kok isinya Cuma tulisan.
-   Bajak laut marah dan melepaskan ikatan tahanan itu, lalu menyuruhnya melakukan sesuatu yang menyenangkan kepala bajak laut itu. Si tahanan pun memainkan beberapa trik sulap. Bajak laut senang. Tapi tiba-tiba ingat tentang harta karun yang lebih berharga itu.
-     (sesi  Firman Tuhan, si tahanan mengajak berdoa dulu) Si tahanan pun menceritakan perumpamaan harta tersembunyi (Mat 13:44) “Ada seorang petani miskin, dia menggarap ladang orang lain. Suatu hari ketika ia sedang mencangkul, ia menemukan kotak harta karun. Ia mengubur lagi kotak itu. Lalu menjual semua miliknya dan membeli tanah itu, sehingga ia bisa memiliki harta yang tersembunyi itu.” (Ceritanya agak diperpanjang dan didramatisir ya). Nah, kalian tahu nggak. Ada satu harta yang sangat berharga yang bisa membawa kita menuju tempat penuh emas dan permata. Tempat itu namanya surga. Lantainya dari emas pintu gerbangnya dari permata (Baca Wahyu 21).
-          Para bajak laut sujud mendekat dan memohon ingin melihat kota surga itu.
-       Si tahanan pun berkata, bukan hanya bajak laut, tapi semua anak-anak di sini juga bisa kesana. Syaratnya: Terima Tuhan Yesus (Raja di kota itu). Ceritakan tentang pengorbanan Tuhan Yesus di kayu Salib, dikubur, lalu bangkit kembali dan tinggal di sorga, menjadi Raja di kota itu. Tantang anak-anak yang belum terima Tuhan Yesus secara pribadi. Dan para bajak laut itupun mengajak anak-anak yang belum menerima Tuhan Yesus. Lalu si tahanan mengajak semua berdoa menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dalam hati.
-    Cerita selesai. Bajak laut melepas topi dan penutup matanya. Dan mengajak anak-anak semua menyanyi dengan semangat. Kumenang-kumenang.
Share this article :

+ komentar + 5 komentar

10 Mei 2012 21.53

Terima Kasih Kakak yang buat halaman web ini, Dan saya sangat hargai acara yang kreatif ini. kakak Boleh gak kalau saya Copy dan taroh di website kami Sekolah Minggu

Silahkan asal dicantumkan sumbernya ya...

11 Mei 2012 15.05

Terima kasih ya kak. Tuhan yesus Menyertai setiap pelayanan kakak

24 Mei 2016 07.43

Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat sekali .

Obat Asam Urat Di Kaki
Obat Radang Gusi Anak
Obat Asam Lambung Akut
Obat Herbal Nyeri Lutut

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RAJAWALI KECIL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger