Home » » KURIKULUM MINGGU 2

KURIKULUM MINGGU 2

CREW IBADAH:
1. MC
2. Bintang tamu: Polisi (seragam polisi)
3. Pemimpin Pujian
4. Pembawa Firman
5. Pemeran Jill
6. Pemeran Jack
7. Pemeran Mama
(kalau krunya kurang, pemeran mama, jill, atau jack bisa merangkap pemimpin pujian, MC dan Bintang Tamu)
DEKORASI:
Tempelkan rambu-rambu lalulintas (cari di google) di dalam kelas.
TEMA: OBIDENCE (KETAATAN)
Sub Tema : Taat membawa selamat
TUJUAN/SASARAN:
Supaya anak tahu bahwa bila mereka TAAT, mereka pasti selamat dari bahaya. Dan mengajar mereka menjadi anak yang taat.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
MC: Selamat pagi Adik-adik, Tema kita minggu ini masih tentang ketaatan. Nah, kalau minggu lalu bicara tentang anak taat itu anak hebat, sekarang kita bicara tentang anak yang taat pasti selamat dan terhindar dari bahaya. Nah, supaya kalian ingat selalu apa yang sedang kita pelajari minggu ini, yuk kita nyanyikan lagu ini...
T-A-A-T, TAAT
T-A-A-T, TAAT
SAYA MAU SPERTI YESUS
T-A-A-T, TAAT

O-B-E-Y, OBEY
O-B-E-Y, OBEY
I WANT TO BE LIKE JESUS
O-B-E-Y, OBEY

Music: Show tune/ March
Tempo: 130
Nada dasar: G

MC: Nah, gampang kan lagunya..
Minggu ini kita juga punya slogan atau password. Yuk kita ucapkan bersama-sama

SLOGAN: " WHEN I OBEY, I WILL BE SAFE, (WAKTU AKU TAAT, AKU TIDAK CELAKA)”
(Sebelum mulai acara, games, sebelum cerita serta sesudah cerita jangan lupa ucapkan slogan ini.)

MC: Seperti biasa, sebelum kita mulai ibadah kita, hari ini kita kedatangan seorang tamu. Siapa dia ya??? Oo siapa dia…(musik mengiringi datangnya tamu)
Kita panggil saja deh...Ini dia...

Polisi (bertugas memimpin games dan icebreaker)
MC: Kenapa hari ini tamunya polisi ya? O..karena temanya tentang anak taat pasti selamat dan terhindar dari bahaya. Kita tanya dulu yuk tugas-tugas pak polisi.
MC: Selamat Pagi (siang/sore) Pak Polisi
Polisi : Selamat pagi (siang/sore)
MC: Nah, sekarang, coba bapak terangkan apa sih tugas polisi
Polisi: Tugas polisi itu melindungi dan mengayomi masyarakat, termasuk anak-anak.
MC: Begini pak, kadang-kadang anak-anak takut sama polisi, kenapa begitu pak?
Polisi: Wah, itu salah. Polisi nggak usah ditakuti, yang takut sama polisi itu pasti penjahat atau orang yang melanggar peraturan. Polisi itu baik sama anak-anak, buktinya lihat tuh, polisi membantu anak-anak menyeberang supaya aman…Nah, supaya adik-adik nggak takut sama polisi, sekarang bapak/ibu akan mengajak adik-adik bermain ya….
GAMES :
Pada games ini, hampir sama dengan game pada pertemuan pertama, namun pada game ini guru memerintahkan murid untuk memegang salah satu anggota tubuh yang diperintahkan untuk dipegang. Misal: Guru berkata: kaki! Maka anak-anak harus dengan segera memegang kaki. (lakukan beberapa kali) kemudian guru dapat mengecoh, misal: pegang kaki, tapi guru memegang mulut) lakukan hal ini ditengah-tengah permainan. Tujuannya, agar anak tidak sembarangan mengikuti perintah, tetapi juga memberikan perhatian pada perintah yang diberikan.
Bisa juga sambil menyanyikan:
Kepala, pundak, lutut kaki, lutut kaki )2X
Daun telinga, mata hidung mulut
Semua diciptakan Tuhan
GAMES 2:
Anak-anak membuat barisan. Polisi menyiapkan karton berbentuk lampu lalulintas (merah, hijau, kuning). Sambil nyanyi “Jalan Serta Yesus” anak-anak memperhatikan rambu lalu lintas yang ditunjukkan polisi. Polisi boleh mengangkat lampu hijau, kuning, atau merah, bisa juga ditambah rambu yang lain, misalnya belok kanan, belok kiri, dll.
Polisi: Wah seru ya mainnya...tapi sudah waktunya bapak bertugas lagi, tetap semangat, rajin belajar dan selalu taati peraturan lalulintas.
jangan lupa kita ucapkan slogan kita hari ini: " WHEN I OBEY, I WILL BE SAFE, (WAKTU AKU TAAT, AKU TIDAK CELAKA)”
sampai ketemu lagi di lain waktu ya...da...da....(polisi keluar)

(PEMIMPIN PUJIAN MASUK)
Shaloom adik-adik...semua bersukacita hari ini? Semua siap jadi anak taat...
Berikan tepuk tangan yang meriah kepada Tuhan Yesus....

LAGU:
- Lagu tema
- Kudaki-daki
- Bila ku hadap kanan
- Mata Tuhan melihat
- Hati-hati gunakan tanganmu
- Nabi Nuh
- Firman Tuhan Kudengar
DOA FIRMAN
Drama sebelum cerita
(Pembawa Firman masuk dengan mengenakan mantel hujan dan payung), Hai adik-adik! Apa kabar?...Wah hari ini kakak mau berangkat ke sekolah, tapi karena sudah mulai gerimis, kakak disuruh mama untuk pakai jas hujan dan….(sambil menunjuk sebuah payung, biarkan anak-anak yang menjawabnya). Kata mama, kalau hujan seperti ini aku harus pakai jas hujan dan payung, supaya baju dan sepatuku tidak basah dan yang paling penting supaya aku tidak sakit. Eh…tapi ternyata ada juga loh yang tidak mau taat/ nurut sama mamanya. Trus gimana ya akhirnya? Yuk kita simak ceritanya.

Mama Jack..Ayo bangun nak, udah jam enam. Nanti kamu telat loh.
Jack Aduh…bentar lagi deh ma… masih gelap kok…!lima menit lagi deh ma…
Mama Jack…sekarang lagi mendung, makanya langitnya kelihatan gelap. Kalau kamu tidak cepat nanti kamu bisa kehujanan loh…ayo bangun donk, bentar lagi Jill mau jemput tuh.
Jack Iya..iya… ini udah dibuka matanya (posisi masih tidur)
Mama Oh iya Jack, sekarang kan lagi musim hujan, mama udah siapin jas hujan dan payung. Jangan lupa dibawa ya Jack. Trus nanti jangan lupa sarapan dan sikat giginya ya, supaya kamu nanti tidak lapar dan bau mulut. Oh iya, mama harus ke sekolah adik kamu sekarang, mama berangkat dulu ya, jangan lupa dibawa jas hujan dan payungnya ya Jack supaya kamu tidak kehujanan dan sakit.
Jack Iya mama, Jack gak bakalan lupa deh tenang aja. (Dalam posisi tetap tertidur, tiba-tiba terdengar suara Jill yang memanggil Jack untuk berangkat sekolah, Jack yang kaget langsung terbangun terburu-buru, sampai lupa makan, mandi, dan gosok gigi).
Jill Jacky..Jacky..Jacky..aduh lama banget sih, jangan-jangan masih tidur lagi? Jacky..Ja..
Jack Iya..iya ada apa sih (keluar dengan santai) masih pagi udah teriak-teriak. Eh..(sambil melihat penampilan Jill)…haha..ha…ha.. (tertawa terbahak-bahak), Jill! Kamu ngapain pake jas hujan dan bawa payung, cuaca masih terang begini,

Jill (Menutup hidungnya) Jack…Jack…stop..stop! kamu belum sikat gigi ya? Tadi pas kamu tertawa mulut kamu bau sekali!
Jack Enak aja, udah tau, itu bau mulut kamu kali!
Jill Tidak kok, nih ya..Hah..Hah..sambil mengeluarkan nafas mulutnya, tuh kan gak bau, malahan wangi jeruk, karena aku gosok gigi pake odol rasa jeruk, coba kamu, berani gak cium bau mulut kamu sendiri?
Jack Berani! Nih ya..Hah..hah…(Jack tiba-tiba jatuh pingsan)
Jill Jack…Jack..tuh kan bener, kamu belum gosok gigi, ya udah yuk kita berangkat sekolah, nanti kita bisa terlambat nih. Yuk…
(Pemain keluar dari panggung)
(Adegan Saat pulang sekolah) (BERIKAN TANDA PAKAI KARTON atau tayang di Multi Media)
Jill Jack, di luar hujan loh! Kamu bawa jas hujan dan payung tidak?
Jack Ah ngapain, aku lari sebentar aja juga udah nyampe di rumah. Repot lagi pakai jas hujan dan payung.
Jill Ntar kamu sakit loh! Kita berdua aja yuk payungannya.
Jack Aduh…duh…(sambil memegang perutnya).
Jill Lho, kamu kenapa Jack? Sakit perut ya?
Jack Iya nih, lapar sekali, perutku jadi sakit.
Jill Tuh kan! Coba tadi kamu sarapan pagi, gak bakalan lapar deh.
Jack Iya nih, eh…aduh..duh..kok gigiku jadi ngilu ya (sambil memegang pipinya)..aduh..mama…sakit
Jill Tuh kan! Coba kamu tadi pagi sikat gigi, pasti sekarang kamu gak sakit, Ya uda yuk, aku antarin kamu ke rumah sekarang, supaya kamu bisa cepat-cepat ke rumah sakit sama mama kamu, yuk!
Jack Jill, terima kasih ya (sambil memegang pipinya dan perutnya) aku janji deh mau taat sama mama, kalau disuruh sikat gigi, sarapan, dan bawa payung, supaya aku selamat, tidak kena hujan dan kena penyakit!
Jill Betul itu Jack, yuk, kita pulang!
(Tujuan dari cerita ini adalah untuk mengingatkan mereka bahwa kalau kita, kita terhindar dari bahaya, sakit, dll. Kalau kita taat pasti selamat)
Setelah cerita ilustrasi ini, Kakak-kakak bisa lanjutkan dengan cerita NUH dan keluarganya yang taat, mendapat keselamatan dari bencana air bah yang menghancurkan seluruh bumi. (Bahan Kejadian 7 dan 8). Ceritakan sampai air bah datang dan mereka selamat.
AYAT HAFALAN: Amsal 13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.
DOA
AKTIFITAS:
Kalau masih ada waktu bisa membuat aktifitas dengan kertas origami: membuat perahu atau payung.
MC:
Mengulang Slogan yang harus dihafalkan pada pertemuan yang minggu ini, ““AKU TAAT, AKU ANAK HEBAT (I’M OBEY, I’M GREAT)””.Pembagian “Reward” bagi anak-anak yang memenuhi Kriteria Karakter yang sudah ditentukan oleh guru hari ini.
Ketentuan menerima reward:
1. Turut kata guru
2. Mengikuti semua acara ibadah dengan sungguh-sungguh
3. Antusias dan tidak mengganggu teman

Reward bisa berupa point, yang bisa dikumpulkan dan dibuat belanja pada akhir tahun/6 bulan sekali bazaar.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RAJAWALI KECIL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger