SYARAT KETIGA GSM: PENGETAHUAN ALKITAB


🥉Hal yang ketiga yang harus dimiliki seorang pelayan anak/guru sekolah minggu adalah PUNYA PENGETAHUAN ALKITAB YANG BAIK. Bukan berarti Seorang pelayan anak harus jebolan Sekolah Alkitab atau SOM. Seorang awam yang rindu melayani Tuhan dengan sungguh-sungguh akan merasa senang untuk mempelajari Alkitab. Kesetiaannya dalam membaca Alkitab akan membuat pengetahuannya tentang Alkitab bertambah dari hari ke hari. Seorang pelayan anak harus memiliki pengetahuan Alkitab yang cukup, bila perlu jauh lebih di atas anak-anak didiknya. Pengetahuan ini jangan hanya "WARISAN" dari guru sekolah minggunya dulu, tetapi dari hasil menggali, membaca, merenungkan Firman Tuhan secara pribadi. Toh, dengan kita mempelajari Alkitab sendiri akan bermanfaat bagi diri kita sendiri (baca 2 Tim 3:16).

🥉Coba saya tanya: berapa kali Samuel dipanggil Tuhan sampai dia menyadari dan menjawab itu Tuhan? Yang jawab 3x pasti itu dapatnya dari guru-gurunya dulu... coba baca lagi Alkitabnya (1 Samuel 3:1-10). Jadi berapa kali? 4X. 3X tidak menjawab, yg ke 4 baru menjawab. Jadi kalau bikin Quiz Alkitab jangan 3X ya.... hehehehe. Itu artinya pengetahuan Alkitab kita hanya WARISAN dari guru-guru kita dulu... Jadi yang salah jangan ikuti, gali sendiri supaya dapat yang benar.

🥉Contoh lagi: berapa kali Umat Israel mengelilingi tembok Yerikho sampai roboh? Yang jawab 7 bertobat! baca lagi Alkitabnya... dan yang nyanyiin lagu umat Israel berkeliling kota 7x keliling itu jangan dinyanyikan lagi... Itu salah! Ingat, yang menyesatkan anak-anak, dikalungi batu kilangan, ditenggelamkan dalam laut loh hehehehe

🥉Oleh sebab itu kita jangan merasa cukup dengan apa yang kita miliki. Kita harus terus belajar dan belajar, menggali dan terus menggali isi kebenaran firman Allah dalam Alkitab. Kesediaan kita untuk berlama-lama mempelajari Alkitab dan bahan-bahan yang akan kita sampaikan kepada anak didik kita, akan membuat kita merasa percaya diri pada saat kita berdiri di hadapan anak-anak untuk mengajar. Seorang yang malas belajar akan membuat dirinya tampak bodoh di hadapan anak-anak. Perlu kita sadari bahwa anak-anak zaman sekarang sangat berbeda dengan anak-anak zaman dahulu, yang pengetahuan Alkitab hanya didapat di sekolah atau di gereja. Jangan sampai Anda menjadi bulan-bulanan anak-anak yang lebih pintar dari Anda karena malas baca Alkitab.

🏆Mari berubah, cintai FirmanNya untuk diri kita dulu, sebelum kita membaginya kepada anak-anak... Gbu All.


EmoticonEmoticon