MINGGU KREATIF: PESTA BUAH



KISAH 2 POHON
POHON BANDEL DAN POHON NURUT (TAAT)

Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. Yohanes 15:2Lukas 3: 9 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, akan ditebang dan dibuang ke dalam api."
Diadaptasi dari Firman di atas.

CREW:
1. Petani)
2. Pohon Bandel
3. Pohon Taat
4. WL

PROPERTI:
- Pakaian Petani : sepatu boat, lengan panjang dan rompi dan topi caping/helm proyek
- Pohon dari busa (foam) atau kardus (2 unit) Satu pohon hanya daun dan ranting, satu pohon dengan daun yang lebat, dan sisi belakang berbuah lebat. Buah2 dari flanel/kertas warna. Daun dari foam atau kertas hijau
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Opening: (Guru A, bacakan rule)
- RULE :
1. Tetap di tempat duduk
2. Simpan Mainanmu
3. Dilarang ganggu teman saat ibadah
4. Ikuti pemimpin di depan
5. Kalau ada suara peluit panjang berarti harus DIAM


- Doa Pembukaan (GURU B)

Guru yang memimpin opening memanggil bintang tamu PAK TANI (bisa diiringi lagu Old Mc Donald)
Apa sih petani itu? Ada yang tau? Biarkan anak2 menjawab...Kemudian kenalkan sedikit tentang pekerjaan petani. Ia bercocok tanam. Boleh kenalkan caranya bertanam buah apel: Siapkan dulu tanahnya, dibersihin, tanam biji tanamannya, kalau sudah tumbuh disiram, dipupuk, dibersihkan dari hama...kalau sudah berbuah...dipetik deh buahnya...Tapi pohon yang tidak berbuah, tidak berguna akan ditebang dan dijadikan kayu bakar.
Kemudian Pak Tani memberikan password selama ibadah: Siapa yang taat Semakin diberkati,
Tapi yang tidak taat dibuang ke dalam api!
Lalu Pak Tani mengajak anak-anak bermain. Siapa yang duduk manis dan bisa menghafal passwordnya, dia boleh ikut bermain.

GAMES:
-          Menyebut nama buah dan harus diteruskan oleh yang ditunjuk (buat kelas pratama/tengah), contoh: Guru menyebut NANAS, lalu tunjuk satu anak yang ikut main, dia harus menyebut nama buah yang dimulai dengan huruf S - Semangka....dia tunjuk yang lain...yang lain jawab.. A..Apel...dst. Yang bisa bertahan sampai akhir dapat hadiah.

-          Memasukkan biji kacang (kedelai, kacang hijau atau kacang tanah) ke dalam botol dengan menggunakan sumpit. Siapkan semangkuk kacang dan sumpit, botol agak jauh kira-kira 1 meter dari mangkok, jadi pemain harus menyumpit kacang dan membawanya ke botol. Kalau botol susah bisa diganti gelas ya... Yang dapat banyak yang menang.

-          Kelas kecil bisa lomba mengupas kacang kulit. yang banyak mengupasnya dalam satu menit, dia pemenangnya.

 Jadi, sama seperti pohon, kalau kamu taat, kamu makin diberkati...makin berbuah banyak...makin disayang Tuhan. Tapi kalau kamu bandel, suka melawan Tuhan, kamu bisa dibuang sama Tuhan ke dalam api. Pilih mana, diberkati berbuah banyak atau dibuang ke api? Hafalkan sekali lagi passwordnya sebelum Pak Tani pamitan). Pak Tani permisi dulu ya mau mengurus kebun buahnya....

PRAISE WORSHIP

Pak Tani keluar WL masuk.
Lagu:
Cari sendiri ya...
Alternatif:
1. Yesus Pokok
2. Baca kitab suci doa tiap hari
3. Firman Tuhan ada di hatiku
4. Mari Tuhan berfirmanlah

ROLE-PLAY Firman Tuhan:
Ikuti yang dipower point ya...
Contoh pohonnya seperti ini:
AKTIFITAS : Membuat Pohon (Patrone ada di lampiran email)
PENUTUP: Doa Penutup - Pembacaan point - PULANG


SELESAI......Selamat Melayani

Contoh alat peraganya:





EmoticonEmoticon