SEKOLAH MINGGU SPESIAL: PESTA KENAIKAN KELAS


GRADUATION DAY / PESTA ES KRIM
SI SUPER BANDEL

PEMAIN:
1. Sincan (Super bandel)
2. Bruno
3. Bunga
4. Olif
5. Guru

PROPERTY:
- tas sekolah dan buku pelajaran sekolah
- baju sekolah SD
- es krim
- cicak/laba-laba/kodok/ular karet
- kursi kuliah (2) kalau ada

RUNDOWN ACARA:
1. OPening - Guru Berpakaian SD mengajak anak-anak menyanyi untuk keakraban
Lagu: Apa Kabar Saya bergembira...atau Mentega dan Roti
Guru membacakan peraturan selama ibadah hari ini:
1. Tetap di tempat dudukmu
2. Simpan mainan/HPmu
3. Ikuti pemimpin di depan
4. Jangan mengganggu teman
5. Kalau ada suara peluit berarti diam (ini dipakai kalau anak-anak mulai berisik dan nggak tertib)
Guru juga membuat papan point: Buat 2 grup barisan anak laki-laki dan perempuan, kasih pembatas/jalan di tengahnya. Tempel 10 Stiker di papan point, atau bisa juga pakai benda apa saja misalnya botol Aqua 10 letakkan di depan. 5 di depan barisan anak laki-laki, 5 di depan barisan anak perempuan. Jelaskan bahwa selama ibadah anak2 harus mematuhi peraturan tadi. Grup mana yang melanggar satu atau lebih peraturan tadi, dikurangi point/botolnya. Kalau sampai habis karena melanggar terus, nanti grup tsb nggak dapat es krim (atau bingkisan/reward lainnya pas pulang).
2. Selesai Guru yang opening dan baca peraturan selesai, guru yang WL/pimpin pujian masuk
3. Pujian dan Penyembahan
4. Peluit ditiup... anak-anak duduk
5. Berdoa
6. Drama Guru2

GARIS BESAR CERITA:
1.      Sincan keluar (diiringi lagu tema/Sound track sincan). Kenalan dulu kalau namanya Sincan. Buat keonaran di sekolah minggu, gangguin anak2, gangguin guru, gangguin multimedia...pokoknya tunjukin kalau sincan nakal.
2.      Bunga dan Olif keluar (diiringi lagu sahabat) keduanya mengenalkan diri. lalu bincang2 soal sekolah, soal ujian naik kelas minggu ini. mereka semangat dan antusias optimis bisa naik kelas, karena mereka sudah belajar
3.      Datang Sincan sama Bruno sambil main HP/Tab. Mereka asyik aja mainn... gak lihat2 kalo ada Bunga dan Olif. Keduanya nabrak Bunga dan Olif... Olif kesel banget, bunga menenangkan...
4.      Sincan dan Bruno bukannya minta maaf malah ngeledek... "telor-telor pecah pecah keluar anak bebek dasar lo jelek hahahaha..." langsung kaburrr...
5.      Olif sedang duduk sendiri baca buku, tiba-tiba Sincan dan Bruno datang mengendap2 dari belakang membawa kodok/kadal/laba-laba (mainan karet/plastik) lalu menjatuhkan ke atas buku Olif. Olif menjerit ketakutan dan melemparkan bukunya.... Sincan dan Bruno malah ketawa2... ha ha ha ha... gitu aja takut...cemen....
6.      Bunga datang karena mendengar jeritan Olif. Olif kasih tahu kalau Sincan sama Bruno udah isengin dia. Olif marah... Sincan dan Bruno menghadapi Olif... (music "Jagoan diputar satu putaran saja). Sincan Bruno, Olif Bunga saling mengejek selama lagu diputar
7.      Bunga: Begini aja, kalau kalian memang jagoan, ayo kita buktikan siapa yang bakal naik kelas nanti. Olif: dan siapa yang nilainya bagus....SIAPA TAKUT balas Sincan sama Bruno
8.      Bruno sama Sincan kasak kusuk. Gimana nih, kita nggak mungkin bisa mengalahkan mereka... Tenang... kita nyontek aja... kita bikin contekan di telapak tangan... di kertas diumpetin di celana
9.      Waktu ujian: Sincan dan Bruno sedang memegang kertas ujian, guru duduk mengawasi. Sincan kasak kusuk sama Bruno, mereka saling menunjukkan kertas kecil contekan mereka. Si Sincan malah bikin contekan di telapak tangan. Pas mereka lagi saling pamer, di belakang mereka ada guru tanpa mereka sadari. Guru marah, langsung ambil kertas jawaban mereka dan kasih nilai NOL. Sincan dan Bruno juga dihukum suruh menulis tidak akan nyontek lagi sampai 10 halaman... hu hu hu hu.....
10.  (lagu naik kelas diputar) Bunga dan Olif lompat2 karena gembira...mereka naik kelasss... karena mereka rajin belajar...Mereka saling pamer nilai mereka yang bagus. Bunga malah dapat piala karena nilainya tertinggi di kelasnya.
11.  Tiba-tiba Sincan dan Bruno lewat. Sincan dan Bruno jalan tertunduk...(musik sedih). Mereka sedih karena nggak naik kelas... pasti nanti mama papa marah hik hik hik.... mereka takut pulang....
12.  Olif tanyain Sincan dan Bruno...gimana hasil rapornya...mereka nggak naik kelas... hahahaha... Olif ngeledek mereka....hahahaha...SUPER BANDEL masak nangis nggak naik kelas hahahaha... ah cemen...cupu... hahahaha
13.  Bunga melerai... Bunga kasihan sama Sincan dan Bruno... Bunga ingat pesan Firman Tuhan minggu lalu, kita nggak boleh balas orang yang ngebuli kita, kita juga harus menolong orang lain yang sedang membutuhkan bantuan kita...
14.  Sincan dan Bruno mengaku kalah...mengaku salah selama ini sudah sering ngebuli kalian...
15.  Olif tetap nggak mau maafin... Tetapi setelah diingatkan pesan Tuhan Yesus bahwa kita harus mengampuni orang yang bersalah pada kita, Olif pun mau memaafkan Sincan dan Bruno...(bacain ini : Mat 6:14-15 " Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."
16.  Bunga pun menasihati Sincan dan Bruno, serta menawarkan untuk membantu mereka belajar, jangan main hp mulu, nanti belajar bersama dan bunga akan membantu yang Sincan dan Bruno nggak bisa...
17.  Sincan senang sekali. Bruno juga. Mereka janji nggak nakal lagi, nggak nyontek lagi, nggak banyak main hp lagi, tapi akan rajin belajar...dan rajin ke gereja...
18.  Penutup: (musik sahabat diputar) Sincan dan Bruno pakai tas dan bawa buku, mereka tampak senang, di belakang mereka ada bunga dan olif. Sincan berterimakasih pada Bunga dan Olif karena sudah membantu belajar matematika, dia bisa dapat nilai 100. Sincan : Karena kalian sudah baik sama aku, aku mau traktir kalian es krimmm. Ini es krim persahabatan... (musik sahabat sejati diputar lagi) mereka bersalaman... bubar...
19.  Guru kasih Pesan: Nah, pesan dari drama singkat tadi adalah:
1. Jangan malas belajar, jangan main hp melulu... nanti pas ulangan nggak bisa negerjain soal, wah apalagi nyontek, itu nggak boleh... Tuhan Yesus nggak suka
2. Kalau ada teman yang jahat dan suka gangguin kita, kita doakan, jangan balas kejahatan dengan kejahatan
3. seperti minggu lalu, kalau kamu punya talenta, pakailah untuk membantu teman yang sedang membutuhkan. apalagi kalau teman itu teman yang nyebelin, dengan kamu bantu, pasti ia akan berubah jadi baik sama kamu.... seperti Sincan tadi, karena Bunga baik, Sincan jadi berubah jadi baik...

DOA

Bacakan hasil akhir pointnya
(Usahakan jangan sampai ada yang habis pointnya, kasihan hehehe)
Karena semua poinnya masih ada, walaupun ada yang tinggal 2, kakak berbaik hati, semua dapat es krim... yeeeee

Makan Es krim
Awas jangan berantakan ya...
Sampai ketemu di pesta berikutnya
TUHAN MEMBERKATI


EmoticonEmoticon