Renungan Remaja, 22 Juni 2020 "MENJADI SAHABAT TUHAN"

Bacaan Alkitab: Kejadian 18:1-15, 22:1-19
Ayat Mas: Kejadian 12:3 "Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."

RENUNGAN:
Apakah kamu tahu presiden kita? Apakah kamu kenal dia? Apakah dia kenal kamu? Apakah kalau tahu saja sudah bisa dibilang kamu sahabat Presiden? belum bukan. Apakah kalau kenal saja sudah bisa dibilang sahabat presiden? Belum juga. Lalu bagaimana supaya bisa disebut sahabat presiden? Kamu harus tahu dia, harus kenal dia, dan hidup dekat dengan dia, bergaul setiap hari, itu baru disebut sahabat. 

Kamu tahu Tuhan Yesus? Kamu kenal Dia? Apakah kamu sudah bisa disebut sahabat Tuhan kalau kamu hanya tahu dan kenal Dia? Tentu tidak. Kamu harus mengenal Dia dan bergaul dengan Dia. Caranya bagaimana?

Hari ini, kita akan belajar dari Bapa Abraham. Dia disebut sahabat Tuhan, karena Dia dekat dengan Tuhan. Tuhan sering bicara pada Abraham. Tuhan bahkan sempat mampir di kemah Abraham. Dan ketika Tuhan akan menghukum kota Sodom Gomora tempat tinggal Lot, ponakan Abraham, Tuhan bilang sama Abraham. Tuhan mau berbagi cerita dengan Abraham, karena dia sahabat-Nya. Abraham juga bisa menyatakan isi hatinya kepada Tuhan, karena dia sahabat-Nya. Bahkan Tuhan membuat perjanjian dengan Abraham tentang keturunannya.

Suatu hari Tuhan berjanji memberi Abraham seorang anak, dan janji itu ditepati Tuhan. Abraham senang sekali. Tetapi tiba-tiba Tuhan berkata, persembahkan anakmu. Kamu tahu, kalau jaman dulu dipersembahkan itu berarti harus dibunuh dan dibakar di atas mezbah. Bayangkan, itu permintaan sahabat yang sangat berat. Tetapi karena Abraham percaya pada kebaikan hati Tuhan, dia percaya pada kebaikan hati sahabatnya, maka Abraham mempersembahkan Ishak anak satu-satunya. dan benar saja, Tuhan hanya menguji Abraham, benarkah ia seorang sahabat yang baik. Sejak itu Abraham disebut Bapa orang percaya atau orang beriman.

Kamupun bisa menjadi sahabat Tuhan. Kenali Dia. Izinkan Dia masuk dalam hatimu. Panggil Dia, ajak Dia ngobrol atau berbincang-bincang dalam doamu. Sapa Dia saat kamu bangun, saat kamu mau tidur, saat kamu dimana saja, kamu juga bisa menyapa Dia. Kenali isi hati-Nya dengan membaca Alkitab. Turuti firman-Nya, dan kamu akan disebut sahabat-sahabat Tuhan. Kamu tahu kalau kamu menjadi sahabat Tuhan, Dia akan membelamu dimanapun kamu berada. Seperti janji Tuhan pada Abrahan "Tuhan akan memberkati orang yang memberkati kamu dan akan menghukum orang yang berbuat jahat kepadamu"

DOA: Tuhan, aku mau menjadi sahabat-Mu. aku mau turuti firman-Mu. Aku ingin mengenal-Mu lebih dekat lagi agar aku bisa memahami isi hati-Mu. Amin.


EmoticonEmoticon

Followers