Renungan Remaja, 23 JUNI 2020 "KAMU PASTI BISA"

Bacaan Alkitab: Keluaran 2:23 - 4:17
Ayat Mas: Mazmur 108:14 "Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita."

RENUNGAN:
"Tuhan, aku ini nggak pandai bicara...Suruhlah orang lain untuk membawa pesan-Mu" Kira-kira begitulah jawaban Musa, ketika Tuhan memanggil Musa dan mengutusnya untuk membebaskan bangsa Israel dari perbudakan bangsa Mesir. Musa merasa tidak pintar bicara apalagi bila bertemu dengan raja Firaun, penguasa bangsa Mesir. Kalau dalam bahasa sekarang, Musa berkata, "Tuhan aku nggak bisa...aku nggak sanggup..."

Bukankah kamu juga sering berkata begitu,"Aku nggak bisa. Aku nggak sanggup. Mana mungkin. Aku ini orang miskin. Aku ini ada kekurangan. Aku cacat. Dan sebagainya..." Coba kamu baca cerita ini...
Suatu saat, ketika balon yang bisa terbang masih menjadi sesuatu yang mengherankan, ada seorang tukang balon sedang menjual balonnya. Dia memompa balon merah dan menerbangkannya. Tak lama dia menerbangkan balon warna hijau, warna kuning. warna putih. Banyak anak yang datang dan membeli balon itu. Tak jauh dari situ ada 4 anak negro, kulit hitam, sedang berbisik satu sama lain, dari tadi yang terbang merah, hijau, kuning, putih, tapi hitam tidak terbang-terbang. Kemudian anak-anak itu mendekati penjual balon saat sedang sepi. Mereka bertanya,"Pak, bisakah yang hitam terbang juga?" Penjual balon itu menjawab dengan tersenyum,"Yang hitam juga bisa terbang, anak-anak. Yang membuat balon bisa terbang, bukan warna kulitnya, tapi gas yang ada di dalam balon itu." Kemudian penjual balon itu mengisi balon hitam dengan gas lalu menerbangkannya. Keempat anak negro itu bersorak kegirangan,"Yang hitam ternyata bisa terbang juga!"

Yang membuat kamu bisa, bukan keadaan fisikmu, bukan keadaan orang tuamu, bukan warna kulitmu, bukan sukumu, tapi apa yang ada dalam dirimu. Kalau kamu punya Tuhan Yesus dalam dirimu, kamu bisa melakukan perkara-perkara besar.

Ketika Musa beberapa kali merasa nggak mampu, nggak bisa, Tuhan menyatakan kuasa-Nya. Tuhan menunjukkan mujizat-Nya di depan Musa. Tongkat yang di tangannya bisa berubah menjadi ular. Tangannya yang sehat mendadak sakit kusta/lepra. Kemudian Tuhan menyembuhkannya. Ketika Musa merasa nggak mampu dan dia berterus terang kepada Tuhan, Tuhan menyatakan kuasa-Nya. Dan ketika Musa bersedia menerima perintah Tuhan, maka kuasa Tuhan dinyatakan. Sepanjang hidup Musa mengalami kuasa Tuhan. Tuhan benar-benar membela Musa.

Kalau kamu mau taat kepada Tuhan, mau menyerahkan hidupmu pada Tuhan, mau menyerahkan kekuranganmu kepada Tuhan, maka Tuhan akan menyatakan kuasa-Nya dalam hidupmu. Kamu tidak perlu minder, tidak perlu merasa kecil, bila Tuhan Yesus ada dalam hidupmu. Sebab Ia besar, Ia hebat, maka kamu pun bisa menjadi besar dan hebat juga. Bersama Tuhan, kamu bisa melakukan hal-hal yang besar dan hebat.

DOA:
Tuhan aku menyerahkan hidupku dan kekuranganku kepada-Mu. Aku mau mengikuti segala perintah-Mu, agar aku melihat kuasa-Mu dinyatakan dalam hidupku. Amin.


EmoticonEmoticon

Followers