Renungan Remaja, 26 JUNI 2020 "KALAHKAN RAKSASAMU"

Bacaan Alkitab: 1Samuel 17:1-58
Ayat Mas: 1 Yohanes 5:4 " sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita."

RENUNGAN:
Daud anak yang pemberani. Sejak kecil dia sudah terbiasa menggembalakan ternak milik ayahnya. Setiap hari dia hidup di padang yang penuh bahaya. Ada binatang buas yang setiap saat bisa mengancam ternaknya dan dirinya sendiri. Tetapi Daud tidak pernah merasa takut, karena dia tahu Tuhan selalu menyertainya. Daud sangat percaya TUHAN yang telah melepaskan dia dari cakar singa dan dari cakar beruang. 

Suatu hari Daud disuruh ayahnya mengirim bekal makanan kepada kakak-kakaknya yang sedang berperang melawan bangsa filistin. Ternyata di sana, seluruh pasukan Israel, termasuk raja Saul sedang ketakutan. Kamu tahu kenapa? Mereka sedang ketakutan karena ada seorang raksasa yang tingginya hampir 3 meter, memakai baju dan helem tembaga, membawa tombak besar dan pedang yang besar. Nama raksasa itu Goliat. Raksasa itu setiap pagi dan sore selama 40 hari berteriak-teriak menakuti pasukan Israel dan tidak seorang pun dari pasukan tentara Israel yang berani melawannya.
Ketika Daud tiba di sana, ia merasa marah mendengar nama Tuhan dihina oleh Goliat. Itu sebabnya Daud minta ijin raja Saul untuk melawan raksasa itu. Banyak orang meragukan Daud, termasuk kakak-kakaknya. Daud hanya anak kecil sedang Goliat raksasa yang besar. Daud hanya memakai baju gembala dan tongkat gembala, sedangkan Goliat memakai baju dan helm tembaga serta membawa senjata tombak dan pedang. Tetapi Daud tidak takut, karena dia percaya, Tuhan selalu menyertainya.
Kata Daud," "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau..." Daud sangat berani karena ia percaya pada kemampuan Tuhan yang Mahakuasa yang menyertainya. Dan Daud berhasil mengalahkan raksasa Goliat karena Tuhan menyertainya.

Dalam hidupmu mungkin suatu saat kamu akan menghadapi "raksasa-raksasa" seperti Goliat. Mungkin raksasa itu bernama TAKUT, MINDER, BODOH, MISKIN, NARKOBA, dsb...mereka siap menghadangmu dan mengalahkanmu. Tetapi kalau kamu percaya Tuhan, kamu pegang setiap Firman-Nya, maka kamu tidak perlu takut. Seperti dalam 1 Yohanes 5:4 " sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita." Kamu hanya perlu punya iman dan percaya kepada Tuhan bahwa Tuhan mampu memberimu kemenangan maka kamu pasti bisa mengalahkan 'raksasa-raksasamu'.

*DOA:* Tuhan, beri aku iman seperti Daud, agar aku memiliki keberanian dalam menghadapi semua yang membuatku takut dan merasa kecil. Aku percaya Tuhan mahakuasa, maka aku tidak perlu takut bila aku berjalan bersama-Mu. Amin.


EmoticonEmoticon

Followers